Ratusan Ulama Se-Sumatera Rakor di Banda Aceh

* Wagub Desak Menag Tetapkan Tiga Dayah Ma’hat ‘Ali di Aceh

BANDA ACEH – Sebanyak 256 ulama dari berbagai provinsi di Sumatera, berkumpul di Banda Aceh melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Antar-daerah XIII. Kegiatan yang dipusatkan di Hotel Hermes Palace Banda Aceh berlangsung 3-7 November 2010. Masalah yang masuk agenda pembahasan antara lain persoalan moral bangsa, ekonomi Islam, dan penguatan organisasi Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU/MUI).

Rencana awal, pembukaan Rakorda Ulama Antar-daerah XIII dilakukan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf atas nama Menteri Agama. Namun, karena sesuatu dan lain hal, kegiatan tersebut dibuka Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar. Kegiatan itu dihadiri Ketua MUI Pusat, KH Ma’ruf Amin, Direktur Pendidikan Agama pada Masyarakat dan Pemberdayaan Masjid (Penamas) Kementerian Agama, Muspida Aceh, para Ketua MUI se-Sumatera, Ketua MPU se-Aceh, para Kakamenag, serta pejabat di lingkungan Pemerintah Aceh.

Ketua MUI Pusat, KH Ma’aruf Amin mengatakan, hubungan harmomis ulama-umara harus tetap terjaga dan terpelihara. Melalui hubungan harmonis itu akan mampu melakukan pembangunan moral bangsa dan daerah.

Menurut Ma’ruf, tugas MUI sangat berat sehingga konsolidasi menjadi sangat penting untuk menyelesaikan berbagai permasalahan umat. Perbaikan moral umat yang harus dilakukan bukan hanya sebatas ibadah, tetapi bagaimana mengajak umat agar ibadah yang dilakukan sehari-hari berimplikasi dalam kehidupan.

Ma’ruf juga mengingatkan, akhlak dalam segala hal harus diperjuangkan ke arah yang lebih baik termasuk dalam persoalan politik. “Kalau akhlak dalam politik tidak ada maka akan rusuh terus,” ujarnya. MUI, ujar Ma’ruf Amin telah menggagas gerakan nasional perubahan akhlak bangsa. Hal lain yang harus dilakukan adalah perubahan dalam sisi ekonomi, sosial, dan politik. “Agar semua perbaikan tercapai, maka sangat penting peran ulama dan umara,” ulang Ma’aruf Amin.

Harapan hampir sama disampaikan oleh Menteri Agama Suryadharma Ali dalam pidato tertulis yang dibacakan Direktur Penamas, Ahmad Jauhari. “Rakorda ini sebagai momentum penting untuk melakukan perubahan moral bangsa sehingga bisa mewujudkan ruh dalam pembangunan moral dan etika,” demikian antara lain pernyataan Menteri Agama.

Dayah Ma’hat ‘Ali
Wakil Gubernur Aceh ketika membuka kegiatan itu mengatakan, saat ini Aceh sedang membangun guna memperkuat perdamaian dan keamanan. Untuk tercapainya pembangunan yang baik diperlukan energi kolektif dan dalam hal ini peran ulama sangat vital.

Menurut Wagub Nazar, MPU tidak hanya bertugas memberi fatwa, tetapi harus berperan aktif dalam persoalan membantu pemerintah. Sebab, hubungan ulama-umara tidak bisa dipisahkan dalam pengembangan pembangunan daerah, terutama Aceh. “Kita perlu sinerji dan sepakat untuk menyelamatkan masyarakat dunia dan ahirat,” ujarnya.

Khusus untuk Aceh, lanjut Nazar, perlu ada penguatan hukum Islam sehingga aturan yang sudah ada bisa dilaksanakan. Agar ini tercapai maka pejabat yang terlibat dalam persoalan penegakan hukum harus sama pandangan sehingga syariat Islam bisa berkembang dengan baik. “Peran Satpol PP dan WH harus diperjelas,” tegasnya.

Pada kesempatan itu Wagub Aceh juga meminta Menteri Agama segera menetapkan Dayah Kuta Krueng, Dayah Mudi Mesra Samalanga, dan Dayah Malikulsaleh Aceh Utara sebagai ma’hat ‘ali (dayah manyang) di Aceh sebagai terobosan penguatan kembali peran ulama dan akan dapat melahirkan ulama yang mewariskan karya-karya besar untuk masa sekarang maupun yang akan datang.

Ketua MPU Aceh, Prof Dr Tgk H Muslim Ibrahim MA melaporkan tentang agenda rakor, fungsi, dan peran ulama untuk membicarakan masalah umat secara menyeluruh. Sedangkan Ketua Panitia Rakorda, Drs M Nasrun melaporkan tentang hal-hal yang menjadi agenda pembahasan selama rakor, di antaranya persoalan moral bangsa, ekonomi Islam, dan penguatan organisasi Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU/MUI). Kegiatan itu sendiri dijadwalkan berlangsung hingga Minggu (7/11).(swa)

sumber : http://www.serambinews.com/

Ditulis dalam Berita. Tag: , . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: