Hari Pertama Ramadhan : Masih Ada Warung Buka Pagi Hari

* Pemko Buka Nomor Pengaduan

BANDA ACEH – Meski Muspida Banda Aceh telah mengeluarkan seruan kepada pedagang makanan dan minuman agat tidak membuka tokonya sejak pagi hingga sore hari selama Ramadhan, namun seruan tersebut belum sepenuhnya dipatuhi. Buktinya, kemarin masih ada sejumlah tempat usaha makanan yang menjajakan dagangannya sejak pagi hari.

Berdasarkan pantauan Serambi, Rabu (11/8) kemarin, sejumlah restoran cepat saji di kawasan Simpang Lima, Banda Aceh, membuka toko dan berjualan sejak pukul 10.00 WIB. Padahal, dalam seruan bersama yang dikeluarkan Muspida Banda Aceh, seluruh toko makanan dan minuman serta tempat-tempat hiburan, baru dibolehkan buka setelah pukul 16.00 WIB.

Selain di kawasan Simpang Lima, sejumlah penjulan makanan seperti bakso dan soto di kawasan Jalan T Hasan Dek, juga terlihat menjajakan dagangannya menjelang siang hari. Tempat-tempat itu di bagian depannya ditutupi dengan terpal agar tidak terlalu kelihatan. Tak hanya itu, tempat-tempat hiburan game online di Jalan T Panglima Polem, juga masih buka sejak pagi hari.

Menanggapi kondisi ini, Wakil Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal yang dimintai keterangannya menegaskan, pihaknya akan tetap memberikan sanksi kepada pengusaha tempat hiburan dan makanan yang tidak mematuhi seruan tersebut. Namun, kata Illiza, jika masih ada tempat makanan yang buka sejak pagi hari, kemungkinan mereka belum menerima seruan yang dikeluarkan Muspida Banda Aceh.

“Saya belum tahu apakah seruan itu sudah sampai kepada mereka. Tapi, kita tetap tidak membenarkan ada tempat makanan yang buka di luar waktu yang telah kita tentukan, walaupun pembeli yang datang non muslim. Begitu juga tempat-tempat hiburan seperti game online,” tegas Illiza, kepada Serambi, kemarin.

Nomor pengaduan
Untuk memantau jalannya seruan bersama itu, tambah Wakil Wali Kota, pihkanya juga masyarakat melapor jika melihat ada tempat-tempat hiburan dan makanan yang buka di luar waktu yang telah ditetapkan. Masyarakat diminta melapor melalui layanan singkat atau Short Messenger Service (SMS) ke nomor 0811683005.

“Kalau ada yang melihat tempat makan yang buka sebelum waktunya, bisa SMS ke nomor itu. SMS akan masuk ke Wali Kota, saya, dan Sekda. Laporan itu akan diteruskan kepada pihak penertiban untuk ditindaklanjuti,” kata Illiza Sa’aduddin Djamal.(c47)

http://www.serambinews.com/news/view/37072/masih-ada-warung-buka-pagi-hari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: