Kuota Haji Aceh tidak Ditambah

Kuota haji untuk Provinsi Aceh untuk tahun 2010, tidak akan ditambah dan tetap seperti tahun 2009, yaitu 3.924. Jumlah tersebut berpatokan pada jumlah penduduk tahun lalu. Padahal, diketahui bahwa jumlah waiting list (daftar tunggu) Jemaah Calon Haji (JCH) Aceh hingga saat ini berjumlah 34.000 orang. Hal itu disampaikan Ketua Komisi G DPR Aceh, Tgk H Muhammad Wali Al Khalidie, kepada Serambi, Jumat (2/7), setelah menemui Menteri Agama di Jakarta, Selasa (29/6) lalu, untuk memperjuangkan penambahan kuota haji Aceh. Dikatakan, dalam pertemuan itu, Komisi G DPRA juga didampingi utusan Biro Kesra Aceh dan Kantor Kementerian Agama (Kankemag) Aceh.

Tgk Muhammad Wali yang akrab disapa Waled Tanoh Mirah ini mengatakan, dalam pertemuan dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perjalanan Haji, diperoleh informasi bahwa daftar tungggu haji terbanyak bukan hanya di Aceh, tapi juga di sejumlah provinsi lain. Meski demikian, ujar Muhammad Wali, pihaknya meminta agar kuota haji untuk Aceh ditambah sesuai jumlah penduduk Aceh saat ini sekitar 4,8 juta jiwa. Jatah keberangkatan jemaah calon haji (JCH) Aceh tahun ini sekitar 3.924 orang setelah mendapat tambahan 325 orang.

Tambahan ini, ujarnya, beradasarkan jatah keselurahan yang diperoleh sebanyak 4.000 JCH untuk seluruh Indonesia. “Padahal, jika berpatokan pada jumlah penduduk Aceh saat ini, jumlah JCH bisa mencapai 4.800 orang. Tapi, pihak Kementerian Agama berjanji akan menentukan kouta berdasarkan jumlah penduduk Aceh saat ini, mulai tahun 2011,” pungkas anggota dewan dari Partai Aceh ini.(swa)
Ditulis dalam Berita. Tag: , . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: