Pembukaan Loka Latih Analisis Jabatan di Lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh

Bertempat di Gedung IT Leaning Centre  Banda Aceh Walikota Banda Aceh Ir. Mawardy Nurdin, M.Eng.Sc membuka acara Loka Latih Analisis Jabatan di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh, selasa (13/4).

Acara yang dihadiri oleh para Asisten, Staf Ahli, kepala Dinas, kepala Badan, Kepala Kantor serta Kepala Bagian dilingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh serta dari team Leader GTZ-AGSI. Dalam sambutannya Mawardy mengatakan Dalam rangka penataan kepegawaian dan kelembagaan, diperlukan informasi dasar yaitu informasi tentang jabatan yang diperoleh dari analisis jabatan. langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan analisis jabatan yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang karakteristik pekerjaan yang ada di setiap unit kerja yang selanjutnya diformulasikan menjadi jabatan.
Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 4 Tahun 2005 disebutkan bahwa analisis jabatan merupakan proses, metode dan teknik untuk mendapatkan data jabatan yang diolah menjadi informasi jabatan guna penyusunan kebijakan program pembinaan/ penataan kelembagaan, kepegawaian, ketatalaksanaan dan perencanaan kebutuhan pendidikan dan pelatihan serta memberikan umpan balik bagi organisasi dan tatalaksana. Walikota menambahkan Loka Latih Analisis Jabatan ini dilakukan dengan mengacu pada paradigma pengorganisasian modern yang lebih mengutamakan efisiensi lembaga dan memaksimalkan fungsi yang ditandai dengan kesesuaian personalia organisasi.
Sebelumnya Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Banda Aceh Fadhil, S.Sos,M.M yang juga sebagai ketua panitia Loka Latih Analisis Jabatan dalam laporannya mengatakan dasar pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No: 4 Tahun 2005 tentang Pedoman Analisis Jabatan di lingkungan Departemen Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah yang tujuannya untuk meningkatkan wawasan  dan Penerapan Sumber Daya Manusia (SDM) para Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh, yang meliputi Informasi dan karakteristik jabatan, nama jabatan, kode jabatan, letak jabatan, ikhtisar jabatan, uraian tugas, hasil kerja, bahan kerja, peralatan kerja, tanggung jawab jabatan, wewenang jabatan, korelasi jabatan, kondisi lingkungan kerja dan syarat jabatan.
Acara yang berlangsung selama 4 hari tersebut juga dikuti oleh 75 (tujuh puluh lima) peserta yang masing-masing terdiri dari unsur Dinas, Badan, Kantor, Kecamatan dan Bagian  di Lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh . acara ini juga didukung sepnuhnya oleh Donatur GTZ-AGSI dan Sharing anggaran dari Pemerintah kota Banda Aceh.

(Sumber : Humas Setda Kota Banda Aceh)

http://www.bandaacehkota.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=634&Itemid=176

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: