Putusan Majelis Tarjih Muhammadiyah Perkuat Fatwa MUI

JAKARTA – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Maruf Amin menyambut penerbitan fatwa bunga bank haram oleh Munas Majlis Tarjih PP Muhammadiyah. Fatwa tersebut memperkuat fatwa MUI yang terbit pada 2003. Fatwa Muhammadiyah itu juga sejalan dengan fatwa serupa yang diterbitkan berbagai forum ulama Islam dunia. ‘’MUI sudah mengeluarkan pada 2003. Jadi, kalau Muhammadiyah mengharamkan bunga bank itu memperkuat fatwa,’’ katanya kepada Republika, Ahad, (4/4).

Menurut Maruf, setidaknya terdapat tiga forum ulama internasional Islam yang juga menyatakan bunga bank haram. Ketiganya adalah forum majma’ul buhus di Al Azhar, forum fiqh Organisasi Konferensi Islam (OKI), dan forum fiqh Rabithah Alam Al Islami. Ketiga forum berpendapat bunga bank sama dengan riba karena mengambil keuntungan lebih dari usaha meminjamkan dana kepada pihak lain. ‘’Bunga itu sama dengan riba karena hanya mendapatkan uang dari meminjamkan bukan hasil dari usaha,’’ katanya.

Karena itu, menurut Maruf, penerbitan fatwa haram bunga bank oleh Majlis Tarjih Muhammadiyah sejalan dengan pendapat sebagian besar ulama dunia. Dengan demiian, fatwa pengharaman tersebut perlu didukung. ‘’Ini artinya fatwa (haram bunga bank) menjadi sangat kuat karena semua menyatakan bunga bank haram,’’ katanya.

Mengenai masih adanya Ormas Islam yang belum menyatakan haramnya bunga bank, Maruf mempersilakannya. Namun, ia menilai sikap Ormas tersebut berseberangan dengan kesepakatan banyak ulama di Indonesia dan dunia. ‘’Ini karena fatwa MUI haram bunga bank juga merupakan kesepakatan forum-forum Islam Indonesia,’’ katanya.

http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/nasional/10/04/04/109448-putusan-majelis-tarjih-perkuat-fatwa-mui

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: