Hindari Euforia Tahun Baru

Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh meminta semua umat Muslim yang ada di Aceh menghindari euforia atau kegiatan hura-hura dalam menyambut tahun baru 2010.Pergantian tahun baru masehi ini sebaiknya diisi dengan kegiatan yang tidak bertentangan dengan syariat Islam.

Ketua MPU Aceh, Prof Dr Tgk H Muslim Ibrahim MA, Rabu (30/12) mengatakan, kegiatan menyambut tahun baru pada dasarnya tidak dilarang selama kegiatan itu dilaksanakan bukan dalam bentuk pesta pora. Kegembiraan berlebihan atau euforia sebaiknya dihindari. Seperti meniup terompet, menyalakan lilin dalam jumlah banyak, dan menyalakan kembang api. Secara umum, umat muslim dilarang keras mengikuti acara khas non-Muslim.

Dikatakan, pergantian tahun ini sebaiknya diisi dengan zikir, wirid, doa, tafakur, membaca Alquran, mendengar ceramah agama, baik berjemaah maupun perorangan. “Pagelaran musik yang hingar-bingar juga harus dihindari, baik pada malam tahun baru mapun pada hari H. Kegiatan seperti ini biasanya berpotensi bercampur-baurnya antara laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim,” katanya.

Waspadai terompet Tgk Muslim juga menekankan, ada beberapa kegiatan perayaan yang dapat bertendensi mendangkalkan aqidah, salah satunya adalah meniup terompet. Pada perayaan tahun baru, terompet banyak dijual di pasaran. Sebenarnya terompet hanyalah alat musik tiup biasa yang terbuat dari bahan kertas.

Namun, berdasarkan investigasi para ulama di Aceh awal tahun lalu, MPU Aceh menemukan terompet yang bertuliskan lagu-lagu khas umat Kristiani. Hingga saat ini belum diketahui apakah ini sengaja dilakukan atau kebetulan saja para pembuat terompet kertas menggunakan bahan secara acak.

Terlepas dari unsur sengaja atau tidak, Tgk Muslim mengatakan ini dapat berpotensi mendangkalkan aqidah, sehingga harus diwaspadai. “Karena itu, perayaan berlebihan sebaiknya tidak dilakukan. Dalam Hadits disebutkan, ‘Man tasabbaha biqaumin fahua minhum’. Artinya, siapa yang meniru-niru suatu kaum, maka mereka bagian dari kaum itu. Untuk itu saya berharap kepada semua umat Muslim untuk mengindahkan imbauan MPU,” tegasnya.

Sementara itu, Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FK-PAI) Departemen Agama Kota Banda Aceh, dalam siaran pers yang diterima Serambi tadi malam, juga mengimbau masyarakat agar tidak melakukan kegiatan hura-hura dalam menyambut tahun baru 2010.

Siaran pers yang ditandatangani Ketua FK-PAI, Darisman SAg itu, turut meminta Walikota Banda Aceh terus melaksanakan syariat Islam secara kaffah, menindak pihak-pihak yang menyalahgunakan izin usaha, dan melanggar syariat Islam di Kota Banda Aceh.(gun/th)

http://www.serambinews.com/news/view/20858/hindari-euforia-tahun-baru

Satu Tanggapan to “Hindari Euforia Tahun Baru”

  1. Bisnis Di Internet Says:

    Baiknya tidak hanya di Aceh tapi harusnya di semua daerah. Sesuatu yang berlebihan kadang tidak baik akhirnya. Lebih baik dipergantian tahun ini digunakan untuk merenung dan instropeksi diri.

    Cari Uang Di Internet


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: